Mendagri Tjahjo Kumolo Minta ASN Netral di Pemilu — Suara Informasi

Mendagri Tjahjo. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Mendagri Tjahjo Kumolo buka pelatihan peningkatan kapasitas jaksa dalam penanganan perkara tindak pidana Pemilu 2019.

Mendagri, Minggu (21/10) minta tim penegak hukum dan seluruh aparatur sipil negara (ASN) menjaga netralitas.

Tjahjo optimistis netralitas akan terus dipelihara para ASN. Sebab, menurutnya, program yang dibuat oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin sudah lengkap dan jelas.

“Kita optimistis karena Menpan-RB sudah punya program yang lengkap dan aturannya jelas kemudian Pak Syafruddin juga keras sekali mengatakan bahwa posisi ASN harus sama dengan TNI dan Polri,” ujar Tjahjo di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara.

Tjahjo mengatakan para ASN tidak boleh terikat dengan partai politik atau menjadi juru kampanye. ASN yang terlibat harus menerima konsekuensi untuk meninggalkan jabatannya.

“Pemerintahan harus netral, dia sebagai juru kampanye atau sebagai wakil parpol pasangan calon dia harus melepas jabatannya dalam pengertian tidak menggunakan aset daerah,” ucapnya.

“Kalau kampanye dia harus melakukan izin. Termasuk menteri juga harus melakukan izin ke KPU dan Bawaslu,” katanya.

Pelatihan ini diikuti seluruh Jaksa di Indonesia yang terlibat salam tim penegakan hukum terpadu (Gakkumdu). Pelatihan berangsung selama tiga hari. (i/d)

asn


Artikel yang berjudul “Mendagri Tjahjo Kumolo Minta ASN Netral di Pemilu — Suara Informasi” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

TAG