Cawapres Sandiaga Uno Cium Tangan Ma’ruf Amin — Suara Informasi

Cawapres Sandiaga saat mencium tangan Cawapres Ma’ruf Amin di Bidakara. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Ada peristiwa menarik di tengah perhelatan Debat Capres-Cawapres di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019) malam.

Bukan tentang debat itu sendiri. Tetapi tentang peristiwa lain yang dengan bagus diperlihatkan seorang Cawapres Sandiaga Uno.

Dia terlihat mencium tangan KH Ma`ruf Amin di samping Jokowi. Sandiaga juga tampak menundukkan kepala saat bersalaman dengan Megawati.

Publik tahu bahwa Ma`ruf Amin merupakan rival Sandiaga. Keduanya menempati posisi sebagai calon wakil presiden. Namun kompetensi memperebutkan jabatan publik tak lantas menyingkirkan adab dan sopan santun.

Foto yang diposting di Instagram dengan akun @sandiuno itu sarat makna tentang menghormati orang yang lebih tua. Apalagi orang tua itu juga adalah ulama.

Adab merupakan prestasi moral tertinggi. Kecerdasan, posisi sosial bahkan kekuasaan memiliki nilai puncak ketika dibingkai oleh akhlaq tentang adab.

Foto yang dipasang oleh Sandiaga Uno itu juga memiliki makna soal kehangatan sesama warganegara.

Karenanya foto itu juga memberi pesan bahwa kehangatan dan harmoni harus tetap terjaga untuk mereka yang pro atau kontra terhadap calon pemimpin dalam pentas pemilu.

Karena sejatinya demokrasi merupakan cara beradab warganegara memperjuangkan hak dan kewajibannya.(A/d)

ciumtangan


Artikel yang berjudul “Cawapres Sandiaga Uno Cium Tangan Ma’ruf Amin — Suara Informasi” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

TAG