Rugi Pilih Golput — Suara Informasi

Mahfud MD. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Yogyakarta) – Mahfud MD, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) mengajak masyarakat untuk tidak golput di Pemilu 2019.

Pakar hukum tata negara ini menerangkan pilihan golput justru memberi kesempatan kepada orang yang pilihannya lebih jelek untuk menang. Dengan alasan tersebut, Mahfud pun mengungkapkan jika pilihan golput justru merugikan.

“Kalau orang demikian (golput) berarti memberikan kesempatan orang yang pilihannya lebih jelek dari dia. Secara elektoral dia dirugikan,” ujar Mahfud di Balai Senat UGM, Yogyakarta, Jumat (25/1).

Mahfud mengungkapkan pilihan golput justru banyak dilakukan oleh kelompok masyarakat idealis. Kelompok idealis ini menganggap tak ada sosok pemimpin yang baik sehingga menjadikan golput sebagai pilihan.

“Biasanya golput itu (dilakukan) orang yang berpikir idealis. Ingin punya calon pemimpin bagus. Kalau mikir calon enggak ada yang bagus, lalu golput. Dia memilih atau tak memilih, pemimpin itu harus lahir,” urai Mahfud.

Meskipun tak setuju dengan golput, Mahfud menyebut golput merupakan hak politik dari seseorang. Mahfud pun menilai golput adalah ekspresi politik yang diyakini oleh seseorang.

“(Golput) itu hak. Sebagai ekspresi silakan. Kita hanya mengimbau. Rugilah orang yang golput,” papar Mahfud. (M/d)

 

rugi


Artikel yang berjudul “Rugi Pilih Golput — Suara Informasi” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

TAG