Jokowi: Saya Tanya PUBG Dijawab Pak Prabowo Pertanian, Kok Nggak Nyambung

Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) menyinggung tentang jawaban capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tentang pertanian pada pertanyaannya mengenai eSport. Jokowi menilai jawaban Prabowo tidak sinkron dengan pertanyaannya.

“Tadi saya bertanya mengenai pengembangan eSport, Mobile Legend. Saya sebetulnya mau cerita mengenai PUBG, DOTA, tapi karena jawaban bapak tadi pertanian, saya jadi kok nggak sambung, ya nggak apa-apa, maaf,” ujar Jokowi dari atas panggung debat di The Sultan Hotel Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Dalam sesi sebelumnya Jokowi memang menanyakan tentang strategi Prabowo tentang pengembangan eSport. Awalnya cawapres Prabowo, Sandiaga Uno, yang menjawab, tetapi kemudian Prabowo menimpali bila segala hal yang berhubungan dengan digital itu baik, namun bukan itu fokus persoalan bangsa.

“Digital-digital itu bagus, tapi rakyat kita butuh swasembada pangan,” tutur Prabowo.

Pertanyaan yang diajukan Jokowi pun sebenarnya bukan hal yang “tidak penting” seperti yang dimaksud secara tidak langsung oleh Prabowo, karena nantinya seorang pemimpin negara harus bisa mengakomodir segala lapisan masyarakat dan juga mampu beradaptasi dengan bergaam dinamika sertta perubahan yang ada di kedepannya.

Memang poin yang ditegaskan oleh Prabowo juga tidak kalah pentingnya, memastikan rakyat Indonesia mampu mandiri dan negara mampu menyediakan pangan untuk rakyat tanpa harus import, tetapi dengan mengesampingkan pertanyaan Jokowi tersebut menandakan Prabowo tidak mampu menjangkau beragam kepentingan masyarakat dari berbagai kalangan dan golongan, termasuk meningkatnya minat pada industri esports di Indonesia dan dunia, yang berpotensi mendatangkan lapangan kerja dan sumber penghasilan baru bagi anak-anak muda Indonesia.

TAG