Kecewa Jokowi Kalah, Bupati Mandailing Natal Mengundurkan Diri — Suara Informasi

Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution mundur. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Natal) – Surat pengunduran diri Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution dari jabatannya beredar luas, Minggu (21/4).

Meskipun Kepala Bidang Informasi Diskominfo Madina Wildan membenarkan stempel dan tanda tangan sah milik bupati, kebenaran surat yang disebut buntut dari kegagalan Dahlan memenangkan Jokowi saat Pilpres di Madina, belum bisa dipastikan.

Dari foto surat yang diperoleh, isinya secara umum menyampaikan kekecewaan Dahlan pada hasil Pemilu Presiden (Pilpres) pada Rabu, 17 April 2019 lalu. “Pelaksanaan Pemilu 2019 di Madina berjalan lancar, aman, dan terkendali. Namun, hasilnya sangat mengecewakan dan tidak seperti yang diharapkan,” demikian isi surat itu.

Disebutkan pula dalam surat itu, Bupati Madina sudah cukup memberikan pencerahan kepada semua lapisan, baik bersama beberapa putra daerah dan ulama. Namun, upaya itu belum berhasil memperbaiki pola pikir masyarakat dalam mendukung berbagai pembangunan.

Bupati Madina pun menyampaikan permohonan maaf kepada Presiden atas hasil Pilpres 2019. Sebagai rasa tanggung jawab, dia meminta izin menyampaikan permohonan untuk berhenti sebagai Bupati Madina. Dia akan setia dan tetap mendukung Presiden walaupun nantinya tidak menjabat lagi sebagai bupati.

Adapun isi lengkap dari surat yang beredar luas di masyarakat tersebut yakni:

Nomor Surat: 019.6/1214/TUPIM/2019
Sifat: Rahasia
Lampiran: – Perihal: Permohonan Berhenti dari Jabatan Bupati

Dengan hormat, kami maklumkan kepada Bapak bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 di Mandailing Natal Sumatera Utara berjalan lancar, aman, dan terkendali. Namun, hasilnya sangat mengecewakan dan tidak seperti yang diharapkan.

Perlu kiranya kami sampaikan kepada Bapak dalam 3 (tiga) tahun terakhir pembangunan di Kabupaten Mandailing Natal cukup signifikan antara lain, Pelabuhan Palimbungan, Pembangunan Rumah Sakit, lanjutan Pembangunan Jalan Lintas Pantai Barat, Rencana Pembangunan Bandar Udara Bukit Malintang, Rencana Pembangunan kembali Pasar Baru Panyabyngan setelah terbakar pada bulan Syawan yang lalu dan lain-lain.

Sejalan dengan uraian di atas dan mengingat pencerahan sudah cukup kami berikan kepada semua lapisan baik bersama beberapa Putra Daerah disertau Ulama yang berdomisili di Jakarta/Medan, namun belum berhasil memperbaiki pola pikir masyarakat dalam mendukung berbagai pembangunan, untuk itu kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak Presiden dan sebagai ungkapan rasa tanggung jawab atas ketidaknyamanan ini dengan segala kerendahan hati izinkan kami menyampaikan permohonan untuk berhenti sebagai Bupati Mandailing Natal.

Perlu kiranya kami tambahkan, walaupun kami nantinya tidak menjabat lagi sebagai Bupati, namun kami tetap Setia kepada Bapak dan kami berjanji siap membantu Bapak sepenuhnya manakala diperlukan.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian Bapak diucapkan terima kasih. Kami mendoakan kiranya Allah SWT selalu melindungi Bapak dan memberikan kekuatan dapat mempersembahkan kemajuan untuk Republik Indonesia Amin.

Bupati Mandailing Natal Drs H Dahlan Hasan Nasution,
Surat ini dilengkapi dengan stempel dan ditandatangani

Tembusan Yth: Bapak Menko Perekonomian RI di Jakarta

Terkait beredarnya surat itu, Kabid Informasi Diskominfo Madina, Wildan sebelumnya membenarkan jika stempel dan tanda tangan pada surat memang milik Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution.

“Kami tidak tahu siapa yang mengedarkan foto surat itu, namun dari stempel dan tanda tangannya, itu memang sah surat bupati,” kata Wildan, saat dihubungi, Minggu (21/4/2019).

Wildan mengatakan, dirinya juga tidak tahu kapan surat bupati itu diterbitkan. Dia sempat berkomunikasi dengan orang yang selalu bersama dengan Bupati Madina setelah melihat dan mengetahui beredarnya surat pengunduran diri bupati itu.

Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution diketahui menjabat Ketua Dewan Penasehat N4J DPC Madina. N4J atau Nusantara Untuk Jokowi (N4J) merupakan organisasi yang mendukung pemenangan Jokowi-Ma`ruf pada Pilpres 2019.

Dahlan sebelumnya menyampaikan keyakinannya, pembangunan di wilayah Tapanuli bagian Selatan akan terus meningkat jika Jokowi terpilih kembali menjadi presiden RI. (I/K/d)

madina

Artikel yang berjudul “Kecewa Jokowi Kalah, Bupati Mandailing Natal Mengundurkan Diri — Suara Informasi” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

TAG