Sejumlah Rest Area Tol Cikampek Ditutup Saat Arus Balik Lebaran Mulai Sabtu Ini — Suara Informasi

Tol Cikampek padat saat arus balik Lebaran. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Sejumlah rest area atau lokasi peristirahatan di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta akan ditutup pada Sabtu (8/6). Penutupan ini dilakukan pada pukul 12:00-24:00 WIB selama arus balik Lebaran.

Rest area yang akan ditutup antara lain rest area Km 62B, Km 52B, Km 42B, dan Km 32B. Sistem buka tutup rest area ini dilakukan untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas saat diberlakukan rekayasa lalu lintas one way.

“Untuk itu kami mengimbau pengguna jalan untuk dapat beristirahat, mengisi penuh bahan bakar kendaraan serta melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik di rest area maupun di jalan nasional atau non tol,” jelas Agus Setiawan Corporate Secretary Jasa Marga, Sabtu (8/6).

Selain rest area tersebut, rest area lainnya masih berfungsi normal. Bagi pemudik dari arah Semarang atau Cirebon menuju Jakarta, bisa menggunakan rest area 389B, Km 360B, Km 282B, Km 260B, Km 229B, Km 208B, Km 166B dan Km 102B di sepanjang gerbang tol Kalikangkung sampai gerbang tol Cikampek Utama. Sedangkan untuk pemudik dari arah Cileunyi atau Bandung yang melintasi tol Cipularang-Padaleunyi bisa memakai est area Km 149B, Km 125B, Km 97B, Km 88B dan Km 72B.

Sintem Buka Tutup

Dalam kesempatan terpisah Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin mengungkapkan sistem buka tutup itu dilakukan karena biasanya terjadi penumpukan kendaraan di tempat istirahat . Hal ini berimbas pada kemacetan saat arus mudik Lebaran 2019.

Sebelumnya, untuk mengurai kepadatan, sistem satu arah (one way) dan lawan arus (contra flow) sudah mulai diberlakukan di KM 70 hingga KM 65 Tol Cikampek sejak Jumat siang. Skema rekayasa lalu lintas one way dan contra flow tersebut akan diberlakukan selama arus balik yaitu pada 7-10 Juni. (C/d)

cikampek

Artikel yang berjudul “Sejumlah Rest Area Tol Cikampek Ditutup Saat Arus Balik Lebaran Mulai Sabtu Ini — Suara Informasi” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

TAG