Penyebab Inflasi Juni 2019, Kenaikan Gaji PRT dan Harga Cabe — Suara Informasi

BPS jelaskan soal inflasi Juni. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Juni 2019 terjadi inflasi 0,55 persen. Artinya beberapa komoditas harganya mengalami kenaikan.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, penyebab inflasi yaitu adanya kenaikan harga cabe merah, ikan segar, beberapa komoditas sayuran dan harga emas perhiasan.

“Meski demikian, turunnya harga bawang putih dan turunnya harga tiket angkutan udara, daging ayam ras dan telur ayam ras masih jadi penghambat inflasi,” kata Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta, Senin (1/7/2019).

Jika dijabarkan dari kelompok pengeluaran, Suhariyanto mengatakan, bahan makanan paling besar sumbang inflasi dengan andil 0,38 persen dan makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau juga memberikan andil inflasi sebesar 0,10 persen.

“Untuk makanan jadi, inflasinya 0,59 persen andil 0,10 persen komoditas yang cukup tinggi yaitu harga nasi dan lauk pauk sebesar 0,02 persen,” tutur dia.

Suhariyanto melanjutkan, untuk kelompok perumahaan yang memberikan andil lebih tinggi yaitu kenaikan upah asisten rumah tangga atau PRT.

“Transportasi alami deflasi 0,14 persen, ini karena tarif angkutan udara sudah mulai turun,” imbuh dia. (S/d)

bps

Artikel yang berjudul “Penyebab Inflasi Juni 2019, Kenaikan Gaji PRT dan Harga Cabe — Suara Informasi” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

TAG