Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT RI di Istana Kenakan Pakaian Adat Bali — Suara Informasi

Presiden Jokowi memimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8). Kali ini, Jokowi mengenakan pakaian adat Klungkung, Bali.

Jokowi tiba di arena upacara bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sekitar pukul 10:00 WIB. Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, sementara JK didampingi Muffidah Kalla. Mereka berempat menaiki mobil kepresidenan dan langsung masuk dari pintu di Jalan Medan Merdeka Utara.

Jokowi dan JK disambut komandan upacara. Mereka berdua langsung mengambil tempat di posisi masing-masing. Pada upacara peringatan HUT ke-74 RI ini yang didapuk sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo. Ia merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut 1997.

Saat ini Hariyo menjabat sebagai Kepala Departemen Strategi Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal). Sementara yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Infanteri Ar Razi Furqon Darya. Saat ini ia bertugas sebagai Komandan Kompi Senapan A Batalyon Infanteri Raider 500, Sikatan, Kodam V Brawijaya.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal Syafruddin, Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta. Syafruddin merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989.

Dalam upacara pagi ini, Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang didaulat bertugas mengibarkan sang saka merah putih dalam Tim Merah.

Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi anggota Paskibraka perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Salma saat ini menempuh pendidikan di SMA Pradita Dirgantara.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Rafi Ahmad Falah sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Banten, Rayhan Alfaro Ferdinand Siregar sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi DKI Jakarta, dan Rangga Wirabrata Mahardika sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat. (C/d))

uoacara

Artikel yang berjudul “Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT RI di Istana Kenakan Pakaian Adat Bali — Suara Informasi” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

TAG